picture

picture

Kamis, 29 November 2012

Percobaan Fotosintesis

  Percobaan yang Berhubungan dengan Fotosintesis

Ingenhousz Orang pertama yang melakukan penelitian adalah Jan Ingenhousz. Ia memasukkan Hydrilla   verticillata dalam bejana yang berisi air. Bejana ditutup dengan corang terbalik dan diatasnya diberi tabung reaksi yang diisi air sampai penuh. Bejana tersebut diletakkan di terik matahari, kemudian muncul gelembung udara dari tumbuhan itu. Gelembung idara tersebut menandakan adanya gas yaitu oksigen. Ingenhousz menyimpulkan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen. 

T.W Engelmann Ia melakukan percobaan dengan menggunakan alga spirogyra. Hanya kloroplas yang terkena cahaya yang mengeluarkan oksigen. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya bakteri yang berkerumun di bagian kloroplas yang terkana cahaya. Sehingga disimpulkan bahwa:
  1. Fotosintesis dilakukan oleh kloroplas
  2. Kloroplas hanya berfotosintesis jika terkena cahaya.
  3. J.V. Sachs
Ia membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan amilum. Caranya, daun dibungkus kertas timah dan dibiarkan terkena cahaya matahari sejak pagi hingga sore. Kemudian daun tersebut direbus untuk mematikan sel-selnya. Kemudian daun tersebut dimasukkan dalam alcohol agar klorofilnya larut dan daun menjadi pucat. Kemudian ditetesi dengan iodine, sehingga bagian yang pucat tetap pucat sedangkan yang tidak tertutup berwarna biru kehitaman. Warna tersebut menandakan bahwa di daun terdapat amilum.
  1. Robert Hill
Hill membuktikan bahwa energi cahaya untuk memecah air (fotolisis), disebut reaksi terang yang terjadi di grana.
  1. Blackman
Blacman membuktikan bahwa reduksi karbon dioksida oleh H2 tanpa keterlibatan langsung dari cahaya, disebut reaksi gelap yang terjadi di stroma.



Kali ini saya mau memberi info kepada yang belum tau. "Ternya tumbuhan juga bernafas" kalimat ini diambil berangkat dari ciri2 makhluk hidup salah satunya adalah bernafas. Sedangkan tumbuhan adalah mahkluk hidup. Dari ciri2 MH diatas maka dapat kita simpulkan bahwa tumbuhan juga bernafas(membutuhkan o2 dan mengeluarkan co2).

Ternyata sebagian dari masyarakat sudah beranggapan salah mengenai argumen ini. Mereka berpendapat bahwa "tumbuhan mengeluarkan o2 dan membutuhkan co2 bukan mengeluarkan co2 dan membutuhkan o2". Baiklah disini saya akan meluruskan hal yang masih dianggap tabu. Tumbuhan itu melakukan fotosintesis juga melakukan respirasi. Baiklah saya akan membahas kedua istilah ini:
a. Fotosintesis adalah cara tumbuhan untuk menghasilkan makanan. Dan didalam prosesnya mereka membutuhkan matahari dkk dan juga co2 dan menghasilkan makanan dan gas. Gas itu adalah o2. Sedangkan,
b. Respirasi(bernafas). Tumbuhan akan membutuhkan o2(oksigen) dan mengeluarkan co2. Begitu jg dengan kita(manusia) dan MH lainnya membutuhkan o2 dan mengeluarkan co2.
Kedua istilah di atas sering dipertukar pakaikan oleh sebagian masyarakat.
 
Aku pernah mendengar pendapat yg menyatakan bahwa" janganlah tidur di malam hari satu kamar dengan tanaman". Yah inilah salah satu bukti bahwa tumbuhan jg bernafas. Coba saja taruh tanaman di dalam kamar pada malam hari tentunya kita akan merasa sesak. Apalagi tumbuhan bernafas maksimal pada malam hari, bukan berarti siang tidak juga pada siang hari tumbuhan juga
bernafas. Tetapi sedikit itu dikarenakan pernafasannya itu tertutupi oleh proses fotosintesis yg terjadi maximal di siang hari.
Munkin cukup sekian posting saya semoga bermanfaat dan juga dapat meluruskan hal yang diangap tabu.


 :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar