picture

picture

Sabtu, 15 Desember 2012

dAUR oKSIGEN


Siklus Oksigen (EkoLaTrop)
Di blog ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimanakah siklus O2 yang terjadi antara laut dan atmosfer.

Siklus Oksigen

                Oksigen adalah gas yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup baik yang berada di darat, udara, dan perairan. Pada umumnya, orang – orang menganggap bahwa pohonlah yang menjadi sumber oksigen untuk kita bernafas dimuka bumi ini, namun pada kenyataannya ada juga makhluk hidup lain yang bukan berasal dari daratan namun menyumbang oksigen sampai kedaratan. Sumber oksigen lain adalah lautan.

Mengapa lautan?

                Karena di lautan pun terdapat makhluk hidup yang dapat menghasilkan oksigen pula. Salah satunya adalah plankton. Dengan kemampuan berespirasi, plankton meghasilkan gelembung – gelembung oksigen . Para ilmuwan dari Amerika Serikat menemukan plankton secara tidak langsung dapat membuat awan yang dapat menahan sebagian sinar matahari yang merugikan. Sehingga plankton bisa membantu memperlambat proses pemanasan bumi. Selain plankton, ganggang laut berperan dalam proses sfoto sintesiklus oksigen antara lautan dan atmosfer ini. Ganggang laut melakukan proses fotosintesis, hasil dari fotosintesis ini berupa oksigen.
 
                Oksigen yang berasal dari lautan ini  akan naik ke atmosfir dan terbawa oleh angin dan dapat dinikmati oleh makhluk hidup lain yang berada di dartan dan juga di udara. Lalu makhluk hidup yang menghisap oksigen ini pun akan mengeluarkan gas karbondioksida yang kemudian akan terbawa kembali ke lautan dan akan dip roses kembali oleh makhluk  hidup yang berada dilaut untuk dijadikan oksigen kembali.
Gambar oleh Ridho Achtanrio Pratama
Begitulah sekiranya bagau mana proses siklus oksigen antara laut dan atmosfer, untuk siklus biogeokimia selanjutnya silahkan klik : ekauknow.blogspot.com/2012/04/siklus-biogeokimia-di-lautan-part-ending.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar